Bagaimana Teknik Budidaya Tanaman Pangan Yang Baik dan Benar

Dalam pertanian, budidaya merupakan kegiatan terencana pemeliharaan sumber daya hayati yang dilakukan pada suatu areal lahan untuk diambil manfaat/hasil panennya. Kegiatan budidaya dapat dianggap sebagai inti dari usaha tani. Usaha Budidaya tanaman Pangan mengandalkan pada penggunaan tanah atau media lainnya di suatu lahan untuk membesarkan tanaman dan lalu memanen bagiannya yang bernilai ekonomi.
Budidaya Tanaman Pangan Padi

Bagian ini dapat berupa biji, buah/bulir, daun, bunga, batang, tunas , serta semua bagian lain yang bernilai ekonomi. Kegiatan budidaya tanaman pangan yang dilakukan dengan media tanah dikenal pula sebagai bercocok tanam ( bahasa Belanda : akkerbouw ). Termasuk dalam " tanaman " disini adalah gulma laut serta sejumlah fungsi penghasilan jamur pangan.

Wajib Dibaca : Pengertian, Artikel, Manfaat Dan Contoh Budidaya Tanaman Pangan Jagung


Istilah teknik budidaya tanaman Pangan diturunkan dari pengertian kaka-kata teknik, budidaya, dan tanaman. Teknik memiliki arti pengetahuan atau kepandaian membuat sesuatu, sedangkan budidaya bermakna usaha yang memberikan hasil. Kata tanaman merujuk pada pengertian tumbuh-tumbuhan yang diusahakan manusia, yang biasanya melampaui proses domestikasi.

A). Budidaya Tanaman Pangan 

1). Teknik Budaya Tanaman Pangan

Teknik budidaya tanaman adalah proses menghasilkan bahan pangan serta produk-produk agroindustri dengan memanfaatkan sumber daya tumbuhan. Cangkupan obyek budidaya tanaman meliputi tanaman pangan, holtikultura, dan perkebunan.

Budidaya tanaman memiliki dua ciri penting yaitu :

  • Selalu melibatkan barang dalam volume besar.
  • Proses produksinya memiliki resiko yang relatif tinggi.

2). Tindakan budidaya tanaman Pangan

Kegiatan pertanian ( Budidaya tanaman ) merupakan salah satu kegiatan yang paling awal dikenal peradaban manusia dan mengubah total bentuk kebudayaan. Para ahli prasejarah umumnya bersepakat bahwa pertanian pertama kali berkembang sekitar 12.000 tahun yang lalu dari kebudayaan di daerah " Bulan sabit yang subur " di Timur Tengah, yang meliputi daerah lembah Sungai Tigris dan Eufrat terus memanjang ke barat hingga daerah Suriah dan Yordania sekarang. Bukti-bukti yang pertama kali dijumpai menunjukkan adanya budidaya tanaman biji-bijian ( Serealia, terutama gandum, kurma dan potong-potongan ) pada daerah tersebut.

Teknik budidaya tanaman pada  zaman dulu tidak kelompokkan kedalam teknik budidaya, karena pada saat itu belum melakukan tindak budidaya tanaman, karena sifatnya masih mengumpulkan dan mencari bahan pangan.


Suatu kegiatan dimasukkan kedalam tindak budidaya dikatakan apabila telah melakukan 3 hal pokok tersebut :

  • Melakukan pengolahan tanah.
  • Pemeliharaan untuk mencapai produksi maksimum.
  • Tidah berpindah-pindah.
Tingkatan teknik budidaya tanaman pangan berjenjang dari yang paling sederhana sampai yang maju/canggih. Nilai kegiatan budidaya tersebut tergantung pada tingkat ketiga dari teknik budidaya. Tingkatan tindak budidaya tanaman dicerminkan juga oleh tingkatan pengelolaan lapang produksi. Pengelolaan yang paling sederhana paling maju, yaitu teknik budidaya yang telah melakukan pengelolaan terhadap unsur iklim, air, tanah dan udara.


Keywords : Teknik Budidaya Tanaman Pangan | Cara Budidaya Tanaman Pangan | Contoh Budidaya Tanaman Pangan | Pengertian Budidaya Tanaman Pangan | Manfaat Budidaya Tanaman Pangan | Artikel Budidaya Tanaman Pangan | Makalah Budidaya Tanaman Pangan | Sarana Budidaya Tanaman Pangan | Budidaya tanaman Pangan Jagung

Seorang siswa di SMKN 1 Purwodadi yang mengambil jurusan MM. Hobi menulis dan sangat menggemari dunia web, desain dan internet.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar
Monday, 9 January 2017 at 19:30:00 GMT-8 delete

Mantap gan semoga pertanian indonesia tetap maju

Reply
avatar

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!