SEO Website - Manfaat dan Cara Kerja SEO On Page Dan SEO Off Page

Cara Kerja SEO On Page Dan SEO Off Page   - SEO adalah salah satu jenis bisnis yang sedang banyak diminati oleh banyak pengusaha adalah bisnis online. Bisnis ini popular dan banyak dipilih karena sifatnya yang sangat fleksibel, simple, dan tidak membutuhkan modal yang besar. Karena tidak membutuhkan syarat yang kompleks seperti bisnis pada umumnya, maka bisnis online ini menjadi pilihan utama bagi mereka yang ingin memiliki usaha namun belum punya pengalaman atau mereka yang memiliki modal minim. Salah satu modal utama dari sebuah bisnis online adalah kepemilikan website yang berfungsi sebagai toko online. Walaupun terlihat mudah dan simpel, namun anda tetap harus menguasai satu teknik pemasaran penting dalam bisnis online yaitu SEO

Cara Kerja Seo dan Manfaat SEO
sumber image : kang-iwan.com

Menurut Wikipedia SEO adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan, Berikut ini adalah keuntungan seo untuk website dan google :

1). Mendatangkan Trafik Pengunjung Potensial ke Website 
Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa halaman website yang teroptimasi dengan baik dari sisi SEO akan mendapatkan peringkat yang baik juga di mesin pencari, misalnya Google. Semakin baik posisi halaman website Anda di Google maka peluang untuk mendapatkan pengunjung (trafik) potensial akan semakin besar. Pengunjung potensial inilah yang nantinya akan menjadi calon customer bisnis Anda.
Mengapa saya menyebutkan trafik dari Google adalah trafik potensial? Tidak semua sumber trafik memberikan benefit bagi bisnis Anda, apalagi bila trafik tersebut berasal dari website-website auto surf yang memberikan visitor bot ke website Anda. Trafik seperti ini sama sekali tidak ada gunanya bagi perkembangan bisnis Anda, trust me!
Para pengguna Google biasanya mengetikkan kata kunci unik ketika mereka mencari informasi bermanfaat untuk memberikan solusi pada masalah mereka. Nah ketika mereka menemukan website bisnis Anda melalui Google, selalu menampilkan hasil pencarian berdasarkan kata kunci, maka kemungkinan besar mereka akan menjadi customer karena mereka menggunakan kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda. Trafik potensial ini akan datang terus menerus ke website Anda secara gratis dan akan membantu meningkatkan jumlah customer dan penjualan bisnis Anda.
Sebenarnya masih ada banyak lagi manfaat SEO bagi bisnis online, dan menurut saya satu poin di atas adalah yang paling penting. Masing-masing orang akan merasakan manfaat SEO bagi bisnis mereka ketika sudah mengalaminya sendiri, yang pasti bisnis Anda akan lebih stabil jika website Anda teroptimasi dengan baik di mesin pencari.

Apa Saja yang Dilakukan Dalam Kegiatan SEO

Di dalam strategi SEO, ada dua hal PENTING yang harus dikerjakan oleh seorang internet marketer, yaitu: SEO On Page dan SEO Off Page. Yuk kita bahas lebih jauh.
 1) SEO On Page 
SEO On Page adalah sebuah upaya optimasi website yang dilakukan dari sisi website itu sendiri. Dengan kata lain, upaya optimasi yang dilakukan oleh seorang pemilik website atau webmaster dengan mendesain website yang SEO Friendly.

Teknik SEO on page dapat dengan mudah kita praktekkan dengan melakukan hal-hal yang sangat sederhana seperti memilih nama domain yang sesuai dengan isi dari blog kita atau nama domain yang sesuai dengan banyak pencarian yang dilakukan oleh pengguna google. misalnya anda ingin membuat blog dengan isi artikel yang berhubungan dengan binatang peliharaan seperti kucing, anjing atau burung jadi saya sarankan usahakan menggunakan nama domain yang berhubungan dengan isi dari blog yang ingin anda buat. 

 Beberapa elemen penting yang terdapat dalam SEO On Page antara lain:
  • Riset keywords untuk menemukan kata kunci utama dan kata kunci pendukung yang paling relevan dengan niche website yang akan dibuat.
  • Membangun website dengan struktur yang baik, tampilannya menarik, dan loading website yang cepat
  • Menggunakan Title Tag yang baik untuk homepage dan judul konten
  • Menambahkan description yang relevan dengan website
  • Membangun konten yang bermanfaat bagi audiens
  • Mengatur URL (permalinks) yang SEO Friendly
  • Menggunakan Heading dengan baik (H1, H2, H3, H4)
  • Menambahkan keywords pada penamaan gambar/ image

2). SEO Off Page 
SEO Off Page adalah upaya optimasi website yang dilakukan dari luar website yang dibangun. Sebuah halaman website yang SEO On Page nya sudah bagus perlu didukung dengan optimasi dari luar website itu sendiri. Optimasi SEO off page dilakukan dengan cara membangun links (backlinks) dari situs lain menuju website yang dioptimasi. 

Beberapa jenis links yang biasa dibangun untuk meningkatkan popularitas sebuah website di internet antara lain:
  • Links dari media sosial seperti :
  1. Twitter, 
  2. Facebook, 
  3. Google+ 
  4. Dan Youtube.

  • Links dari web 2.0 properties Seperti : 
  1. Blogspot,
  2. WordPress 
  3. Dan Weebly.

  • Links dari forum online Seperti 
  1. Kaskus, 
  2. Bersosial 
  3. Dan Forum Kompas.

  • Links dari situs social bookmark Seperti : 
  1. Lintas.me, 
  2. Diigo.com 
  3. Dan Folkd.com.

  • Links dari kegiatan berkomentar di blog orang lain.
Nah di atas tadi adalah penjelasan singkat tentang Cara Kerja SEO On Page Dan SEO Off Page . Optimasi website di mesin pencari adalah proses yang harus kita lakukan secara berkala karena search engine selalu memperbaharui hasil pencarian mereka dan menampilkan website yang paling relevan dan teroptimasi dengan baik. Semoga artikel ini bermanfaat.

Referensi : maxmanroe.com

Seorang siswa di SMKN 1 Purwodadi yang mengambil jurusan MM. Hobi menulis dan sangat menggemari dunia web, desain dan internet.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

3 komentar

komentar
Saturday, 29 October 2016 at 17:19:00 GMT-7 delete

gagal paham diback link gan...apa jika meninggalkan komentar di situs orang lain juga termasuk back link???
share ke facebook n saling BW apa termasuk backlink juga gan?...

Reply
avatar

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!