Dampak Makanan dan Minuman Tidak Sehat Bagi Tubuh dan Manfaat Unsur Makanan

Pada postingan sebelumnya, kamu telah belajar tentang dampak makanan dan minuman tidak sehat. Tidaklah semua makanan memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan dan pertumbuhan. Selain itu juga terdapat makanan yang dapat menggangu kesehatan. tahukah kamu tentang dampak makanan dan minuman tidak sehat  ? Untuk mengetahuinya pelajarilah postingan berikut dengan sungguh-sungguh!

1). Dampak Makanan dan Minuman Tidak Sehat Terhadap Tubuh

Berikut ini adalah beberapa dampak pola makan bagi seseorang.

a). Dampak terhadap Keadaan Fisik

Pola makan yang sehat dapat berdampak positif terhadap pertumbuhan fisik seseorang. kondisi fisik yang sehat memungkinkan seseorang dapat melakukan aktivitas dengan maksimal. untuk mendapatkan keadaan fisik yang maksimal, maka harus diikuti dengan pola makan yang sehat. Permasalahan yang terjadi saat ini adalah pola makan yang tidak sehat berdampak pada kondisi fisik seperti obesitas atau busung lapar.

b). Dampak terhadap Kesehatan


Pola makan sehat berdampak positif terhadap kesehatan seseorang. Seseorang yang pola makannya sehat dapat mengurangi potensi dan risiko penyakit di antaranya adalah diabetes, jantung, kolesterol, darah tinggi, dan kanker. Makanan yang sehat mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, misalnya vitamin, protein, karbohidrat, serat, dan lainnya.


2). Manfaat Unsur-unsur Makanan 

Berikut adalah beberapa manfaat zat yang terkandung dalam makanan.

manfaat makanan dan minuman sehat

a). Zat tenaga

Zat tenaga adalah makanan yang diserap oleh tubuh yang digunakan untuk menghasilkan sumber utama tenaga. Tenaga-tenaga tersebut digunakan untuk mendukung berbagai aktivitas. Tanpa  adanya tenaga  manusia tidak dapat melakukan aktivitas. Zat tenaga terdapat pada makanan yang mengandung karbohidrat, lemak, dan protein.

b). Zat pembangun

Di dalam makanan yang sehat terdapat zat pembangun. Makanan yang mengandung zat pembangun adalah protein, mineral, dan air. Fungsi utama dari zat pembangun adalah untuk mendukung tubuh dalam memenuhi kebutuhan nutrisi. Selain itu zat pembangun berfungsi untuk menjaga kekebalan tubuh.

c). Zat Pengatur

Makanan yang terdapat zat pengatur misalnya mineral, vitamin, dan air. Zat pengatur berungsi untuk mengatur sistem kerja organ tubuh sehingga sesuai dengan fungsinya. Selain makanan, minumpun juga harus diperhatikan. tidak semua air yang kita minum sehat dan berdampak positif bagi tubuh. Air minum yang baik merupakan air yang mengandung mineral yang dibutuhkan tubuh. Air yang kita minum setiap hari harus bersih dan sehat.

Related Posts

Berikutnya
« Prev Post

9 komentar

komentar

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!