Manfaat Makanan dan Minuman Terhadap Kesehatan dan Pertumbuhan

Manfaat Makanan dan Minuman Terhadap Kesehatan dan Pertumbuhan Pada postingan ini kamu semua akan mempelajari tentang makanan dan minuman yang bermanfaat bagi kesehatan dan pertumbuhan. Apakah kamu sudah mengetahui tentang makanan dan minuman yang memiliki manfaat lebih untuk kesehatan dan pertumbuhan ? Saya akan membimbingmu untuk mengetahui jawabannya. 

Wajib Di Baca : 



Melalui makanan sehat tersebut, kesehatan tubuh akan terjaga dan pastinya akan bermanfaat untuk pertumbuhan tubuh. Sebelum mempelajari postingan yang disajikan, cobalah untuk membaca artikel berikut untuk mengetahui salah satu manfaat makanan bagi kesehatan.

Manfaat Makanan Dan Minuman Hasil Fermentasi

Makanan dan minuman yang difermentasi memiliki reputasi sebagai bahan pangan sehat. Tetapi, apa yang menyebabkan bahan pangan ini layak kita konsumsi secara rutin ?

Bahan pangan yang difermentasi yang sudah kita kenal dan menjadi bagian dari asupan sehari-hari antara lain tempe dan yogurt. Jenis pangan yang difermentasi lainnya adalah kimchi, kefir, keju cottage, kombucha, dan masih banyak lagi. pangan yang difermentasi adalah makanan yang " hidup ", ini karena mereka mengandung bakteri di dalamnya yang disebut dengan probiotik. Walaupun tak bisa dilihat dengan kasat mata, tapi bakteri di dalam dan di tubuh ketika beratnya ditotal ternyata setara dengan bobot otak manusia..


Hampir semua hal yang kita lakukan; mulai dari seberapa sering mencuci tangan, apa yang kita asup, hingga sedang mengonsumsi antibiotik atau tidak, berpengaruh besar pada mikroba dalam tubuh. Keberadaan bakteri ini membantu menguatkan sistem imun, berpengaruh dalam berat badan, pencernaan, dan banyak lagi. Bahkan menurut studi terbaru, bakteri tersebut ikut mempengaruhi mood dan kecemasan. 


Jika populasi bakteri baik dalam tubuh hanya sedikit, pengaruhnya bagi kesehatan cukup banyak. Misalnya saja gangguan pencernaan, iritasi, dan sebagainya. Para ahli menyarankan agar kita mengonsumsi setidaknya satu sajian probiotik setiap hari. Lebih baik mengonsumsi beragam jenis probiotik kerena masing-masing bahan pangan itu memiliki jenis bakteri yang berbeda. Diperkirakan ada sekitar 7000 strain bakteri.


Dari artikel tresebut dapat kamu ketahui salah satu manfaat makanan atau minuman yang begitu besar terhadap tubuh. Sekarang pelajarilah uraian berikut dengan sungguh-sungguh !

1) Manfaat Makanan dan Minuman Sehat Bagi Kesehatan

Tujuan utama mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat ialah untuk menjaga agar tubuh tetap sehat dan seluruh organ tubuh dapat bekerja dengan maksimal. Dengan adanya asupan makanan yang sehat dan bernutrisi, maka tubuh dapat mencerna makanan tersebut sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan organ-organ. Makanan yang masuk dalam tubuh harus sesuai dengan takaran kesehatan. Gizi yang cukup  dapat mengatasi berbagai permasalahan penyakit dan mencegah terjadinya masalah kesehatan.

2) Manfaat Makanan dan Minuman Sehat Bagi Pertumbuhan

Pertumbuhan dan perkembangan seseorang dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsinya. Penyajian makanan sehat perlu diperhatikan dengan baik supaya tidak mengalami gangguan pertumbuhan dan perkembangan. Makanan merupakan sumber energi dan zat pembangun bagi tubuh. Makanan yang sehat dapat memberikan dampak yang besar terhadap ketahanan, kondisi tubuh, dan pertumbuhan. Makanan yang masuk ke dalam tubuh akan dicerna dan diserap sari-sari makanan untuk kemudian dibakar dan diedarkan ke semua bagian tubuh sesuai dengan fungsinya. Makanan yang masuk tersebut tentunya mempengaruhi perkembangan sel, jaringan, dan organ-organ tubuh lainnya.

3). Jenis Makanan dan Minuman  yang Bermanfaat bagi Kesehatan dan Pertumbahan


a). Buah dan Sayur



Manfaat Makanan dan Minuman Terhadap Kesehatan dan Pertumbuhan
Buah-buahan dan sayuran merupakan sumber utama vitaman yang dibutuhkan oleh tubuh yang berfungsi sebagai biokatalis di dalam tubuh. Buah-buahan yang baik untuk dikonsumsi misalnya mangga, pepaya, semangka, kiwi, dan strawberry. Sementara untuk sayur di antaranya adalah wortel, kembang kol, seledri, terong, brokoli, dan daun bawang.

b). Air Putih


Air yang baik bagi tubuh ialah air yang terdapat oksigen terlarut di dalamnya. oksigen yang terlarut dalam air putih dapat membuat otak dan tubuh lebih sehat, segar, dan terhindar dari sakit kepala. Otak yang kekurangan oksigen dapat membuat pusing. Apabila setelah bepergian kamu merasa pusing atau sakit kepala, sebaiknya kamu minum air putih yang mengandung oksigen terlarut.


c). Susu


Di dalam susu terdapat vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin tersebut berfungsi untuk menjaga tubuh dan meningkatkan kekebalan tubuh. Minum susu setiap hari sangat baik bagi pertumbuhan dan kesehatan tubuh.



4). Makanan dan Minuman Bergizi

Makanan dan minuman yang sehat mengandung zat dan serat yang diperlukan untuk proses tumbuh kembang. Makanan yang kita konsumsi setiap hari hendaknya mengandung zat gizi seperti karbohidrat, mineral, protein, sedikit lemak, dan vitamin, atau sering disebut dengan empat sehat lima sempurna. 


ciri-ciri makanan sehat dan bergizi.


  • Lemak hewani yang ada di dalam makanan tidak terlalu banyak.
  • Rendah garam dan MSG, penggunaan penyedap rasa yang banyak beredar di pasaran membuat makanan terasa lebih gurih dan nikmat, tapi bukan berarti lebih sehat.
  • Banyak mengandung sayuran atau serat.
  • Tidak terlalu banyak mengandung santan dan pedas.
  • Tidak terlalu banyak mengandung minyak goreng.
  • Dimasak matang, tidak terlalu matang, mentah, dan tidak setengah matang.
  • mengandung zat karbohidrat, serat, mineral, vitamin, protein, dan lemak.

Demikian postingan yang dapat saya sampaikan tentang Manfaat Makanan dan Minuman Terhadap Kesehatan dan Pertumbuhan, bila anda tidak mengerti atau tidak paham, anda bisa menulis komentar dibawah ini.

Related Posts

Manfaat Makanan dan Minuman Terhadap Kesehatan dan Pertumbuhan
4/ 5
Oleh

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!