Sejarah Manusia Purba Yang Ada Di Indonesia



Sejarah Manusia Purba Yang Ada Di Indonesia

Sejarah Manusia Purba Di Indonesia - Manusia Purba Adalah Jenis Manusia Purba Yang hidup Pada Zaman Pra-Aksara Atau Prasejarah , Untuk Mengetahui Bagaimana Kehidupan Manusia Pada Masa Praaksara Dapat Kita Ketahui Dari Fosil – Fosil Atau  Bekas – Bekas Manusia Yang Membantu Yang Ditemukan Dalam Lapisan Bumi Plestosin , Indonesia Termasuk Salah Satu Negara Tempat Dimana Ditemukan Fosil Atau Artefak Manusia Purba, Ilmu Bantu Sejarah Untuk Meneliti Fosil Manusia, Tumbuhan, Dan Hewan Ini Adalah Paleontologi, Adapun Ilmu Yang Mempelajari Manusia Purba Adalah Paleoantropologi.


Wajib Dibaca : 



Sejarah Manusia Purba Di Indonesia

Jenis Manusia Purba Yang Ditemukan Di Indonesia Memiliki Usia Yang Sudah Tua , Hampir Sama Dengan Penemuan Manusia Purba Di Negara – Negara Lainnya Di Dunia, Bahkan Indonesia Dapat Dikatakan Mewakili Penemuan Manusia Purba Di Daratan Asia. , Daerah Penemuan Manusia Purba Di Indonesia Tersebar Di Beberapa Tempat Khususnya Di Jawa , Penelitian Manusia Purba Di Indonesia Telah Lama Di Lakukan, Para Peneliti Itu Adalah Eugene Dubois, G.H.R Von Koenigswald, DanFranzWedenreich


Jenis – Jenis Manusia Purba Di Indonesia

1). Sejarah Manusia Purba Di Sangiran

Sejarah Manusia Purba Di Indonesia


Apakah Kalian Semua Tahu Tentang Sangiran , Dan Sangiran Itu Terletak Di Daerah Jawa , Indonesia , Dan Apakah Kalian Tahu Tentang Pengertian Sangiran , Dan Saya Akan Menjelaskan Tentang Pengertian Sangiran ?


Sangiran Adalah Situs Arkeologi Di Jawa, Indonesia , Menurut Laporan UNESCO ( Pada Tahun 1995) “ Sangiran Di Akui Oleh Bpara Ilmuwan Untuk Menjadi Salah Satu Situs Yang Paling Penting Didunia Untuk Mempelajari Fosil Manusia , Disejajarkan Bersama Situs Zhoukoudian( China ) , Willandralakes ( Australia), Olduvai Gorge ( Tanzania), DanSterkfontein ( Afrika Selatan), Dan Lebih Baik Dalam Penemuan Dari Pada Yang Lain “

Daerah Terdiri Dari Sekitar 56 Km2( 7km * 8 Km ), Lokasi Ini Terletak Di Jawa Tengah, Sekitar 15 Kilometer Sebelah Utara Surakarta Di Lembah Sungai Bengawan Solo, Secara Administratif, Kawasan Sangiran Terbagi Menjadi 2 Kabupaten KabupatenSragen ( Kecamatan Gemolong, Kecamatan Kali Jambe , Dan Plupuh ) Dan KabupatenKaranganyar ( Kecamatan Gondangrejo ). Fitur Penting Dari Situs Ini Adalah Geologi Daerah , Awalnya Kubah Terbentuk Jutaan Tahun Yang Lalu Melalui Kenaikan Tektonik, Kubah Itu Bkemudian Terkikis Yang Mengeksposisi Isi Dalam Kubah Yang Kaya Akan Catatan Arkeologi.

Sejak Ditetapkannya Sebagai World Heritage Oleh UNISCO, Sangiran Memberi Sumbangannya Terhadap Perkembangan Ilmu Pengetahuan Di Dunia Khususnya Ilmu Arkeologi, Geologi, Paleoanthropologi, DanBiologi,Dilihat Dari Hasil Temuannya Situs Sangiran Merupakan Situs Purbakala Yang Paling Lengkap Di Asia Bahkan Di Dunia.

Pada Tahun 1934 Antropolog Gustav Heinrich Ralph Von Koenigswald Memulai Penelitian Di Area Tersebut, Pada Tahun – Tahun Berikutnya Dari Hasil Penggalian Ditemukan Fosil Pithecantropus Palaeojavanicus Yang Di Temukan Di Situs Ini


2).Sejarah Manusia Purba Di Trinil, Ngawi, Jawa Tengah

Sejarah Manusia Purba Yang Ada Di Indonesia

Apakah Kalian Semua Tahu Tentang Sangiran , Dan Sangiran Itu Terletak Di Desa Kawu, Kecamatan Kedunggalar , Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, Indonesia , Dan Apakah Kalian Tahu Tentang Pengertian Trinil, Dan Saya Akan Menjelaskan Tentang Pengertian Trinil?


Trinil Adalah Situs Paleoantropologi Di Indonesia Yang Sedikit Lebih Kecil Dari Situs Sangiran , Tempat Sangiran Itu Terletak Di Kota Solo,Trinil Merupakan Kawasan Di Lembah Bengawan Solo Yang Desa Kawu, Kecamatan Kedunggalar , Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, Indonesia., Kira – Kira 13 Km Sebelum Pusat Kota Ngawi Dari Arah Menjadi Hunian Kehidupan Purba , Tepatnya Zaman Pleistosen Tengah, Sekita Satu Juta Tahun Lalu.

Pada Tahun 1891 Eugene Dubois, Yang Adalah Seorang Ahli Anatomi Menemukan Bekas Manusia Purba Pertama Di Luar Eropa ( Saat Itu ) Yaitu Spesimen Manusia Jawa, Pada 1893 Dubois Menemukan Fosil Manusia Purba Pithecanthropus Erectus Serta Berbagai Fosil Hewan Dan Tumbuhan Purba.

Saat Ini Trinil Berdiri Sebuah Museum Yang Menempati Area Seluas Tiga Hektar , Dengan Koleksi Di Antaranya Fosil Tengkorak Pithecanthropus Erectus, Fosil Tulang Rahang Bawah Macam Purba ( Felis Tigris ), , Fosil Gaing Dan Gigi Geraham Atas Gajah Purba, Situs Ini Di Bangun Atas Praaksara Dari Prof. Teuku Jacob, Ahli Antropologi Ragawi Dari Universitas Gadjah Mada .

Dari Penggalian Yang Dilakukan Eugene Dubois, Seorang Dokter Berkebangsaan Belanda Ditemukan Beberapa Pecahan Batu , Mulai Dari Gigi Geraham , Tulang Paha , Tengkorak Manusia Purba Dan Binatang. Upaya Dubois Tidak Sia – Sia , Beliau Waktu Itu Tertantang Dengan Teori Human Horigin, Yang Dikemukakan Charles Robert Darwin ( 1809 – 1882 ), Dalam Teori Itu Menyatakan Bahwa Manusia Ini Berasal Dari Evolusi Kera.

Berdasarkan Teori Human Origin, Dubois Meninggalkan Negeri Kincil Angin Menuju Indonesia Pada Tahun 1887, Selain Itu Ada 2 Alasan Yang Dijadikan Acuannya Kali Ini . Alasan Pertama, Berdasarkan Buku The Descent Of Man, Menceritakan Bahwa Nenek Moyang Manusia Seharusnya Hidup Di Daerah Tropis , Karena Manusia Purba Sudah Kehilangan Bulu Selama Perkembangannya
.
Alasan Kedua, Di Hindia – Belanda ( Indonesia) Banyak Gua – Gua, Jadi Tidak Menutup Kemungkinan Akan Ditemukannya Fosil – Fosil Atau Bekas Kehidupan Manusia Purba, Beberapa Teori Dan Alasan Itulah Eugene Dubois, Bertekad Untuk Membuktikan Penelitiannya Dengan Menggali Di Beberapa Daerah, Khususnya Yang Ada Di Pulau Jawa Di Sepanjang Aliran Sungai Bengawan Solo, Namun, Sebelumnya Dubois Meneliti Di Payah Kumbah , Sumatra, Pada Tahun 1887. Pada Tahun 1891 Eugene Ubois, Yang Adalah Seorang Ahli Anatomi Menemukan Bekas Manusia Purba Pertama di Luar Eropa Yaitu Spesimen Manusia Jawa, Pada Tahun 1893 Dubois Menemukan Fosil Manusia Purba Pithecanthropus Erectus Serta Fosil Hewan Dan Tumbuhan Purba Lain. 

Semoga ilmu ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Sehingga tidak ada lagi kesalahan persepsi. Apalagi jika adik-adik kita bertanya tentang Sejarah Manusia Purba Yang Ada Di Indonesia ini. Kita bisa menjawabnya berdasarkan ilmu yang sudah kita dapatkan tadi.



Related Posts

Sejarah Manusia Purba Yang Ada Di Indonesia
4/ 5
Oleh

4 komentar

Saturday, 15 October 2016 at 06:10:00 GMT-7 delete

artikel yg kaya informasi..bagus belajar sejarah..

Reply
avatar
Monday, 17 October 2016 at 07:10:00 GMT-7 delete

dan manusia purba itu kebanyakan ditemukan di pulau jawa seperti sangiran, ngawi, wajak, solo, trinil

Reply
avatar
Monday, 17 October 2016 at 09:33:00 GMT-7 delete

manusia purba memang unik gan. ternyata ada juga ya manusia di daerah indonesia manteb

Reply
avatar

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!