Blog Anda Loadingnya Lama ? Coba Cara Berikut Untuk Mempercepat Loading Blog Anda

Cara Mempercepat Loading Blog


Pada kesempatan kali saya saya memberi tutorial sedikit tentang " Cara Mempercepat Loading Blog agar cepat" kecepatan loading blog adalah hal yang sangat penting, baik bagi kenyamanan pengunjung dan juga SEO. Loading yang terlalu lama dapat membuat pengunjung bosan sebelum dapat membaca seluruh isi sebuah halaman.

Sebenarnya, wajar apabila blog memiliki loading yang lama daripada website, karena blog dengan beberapa widget yang dipasang baik sebagai alat navigasi maupun untuk fungsi/fitur yang lainnya. Rata-rata semua widget tersebut banyak yang memakai javascript, otomatis waktu loading lama. Ada baiknya juga jika kita melakukan ukuran file yang dimuat.Kecepatan internet di Indonesia rata-rata lebih lambat dibanding negara lain, sehingga loading halaman sejauh di bawah 2 menit saya kira masih wajar. 

Untuk mempecepat loading blog salah satu bentuk Teknik Mudah dari SEO On page, sehingga bisa menambah kunjungan visitor harian ke blog anda, ada beberapa tahapan seperti template yang suport dengan mobile karena kebanyakan user internet menggunakan ponsel smartphone jadi blog kita sudah nyaman dan keren bila bisa memakai teknik ini dan ketika memakai hp smartphone isi dari artikel blog tadi cuma sebagian teks yang bisa di baca.

Cara Mempercepat Loading Blog 



1. Kurangi Widget Blog yang Kurang Bermanfaat

Salah satu penyebab blog menjadi berat dan loadingnya lama adalah pemasangan widget yang terlalu banyak yang dipasang di blog. Memang ada beberapa widget yang wajib ada di blog, tetapi beberapa widget yang kurang memiliki manfaat untuk blog lebih baik dihapus saja. Selain dapat membuat blog lebih cepat loadingnya juga bisa membuat pengunjung blog fokus pada konten blog. Contohnya seperti widget calender, jam, beri makan ikan dll. 



2. Hindari Penggunaan Script yang Berlebihan


Pengunaan script baik itu CSS, HTML, dan JavaScript yang berlebihan membuat blog menjadi lebih berat sehingga membuat halaman blog terbuka lebih lama. Kita bisa memilih dan menghapus kode CSS yang sudah tidak berfungsi lagi yang ada di atas ]]></b:skin>. Atau bisa juga mengkompres script baik itu CSS, HTML, JavaScript, ataupun script blog secara keseluruhan agar loading blog lebih cepat. Salah satu tool yang bisa dimanfaatkan adalah http://htmlcompressor.com/compressor.html



3). Perkecil Ukuran Gambar / Cara Mengkompres Foto


Cobalah perkecil ukuran gambar-gambar postingan ( compress gambar) di http://www.smushit.com/ysmush.it/ atau di http://compresspng.com/. Coba Edit template anda dan cari .png dan .jpg . Lalu compress di kedua site tadi. Anda juga bisa gunakan popular post tanpa gambar. 

4). Kurangi Jumlah Postingan Di Home Page

Usahakan maksimal 5 judul postingan per page. Caranya Pergi ke Dashboard Blog >< Opsi Lainnya >< Setelan >< Pos, Komentar Dan Berbagi dan kemudian masukkan jumlah postingan yang akan di tampilkan di HOme Page.

5) Simpan semua java script di atas </body> 

Anda dapat mencari kode .js di lembar pengeditan template anda. Kenapa kok disimpan di atas </body> ? karena ditempat tersebut kode akan cepat terload. Jika tidak percaya, coba saja..

6). Kurangi pemasangan iklan pada blog 

Memang point yang satu ini agak berat, karena iklan kan dapat menghasilkan uang. Jika anda menggunakan sistem PPC pada iklan di blog anda, saya sarankan hanya 3 sampai 4 iklan saja, posisinya di header 1, sidebar 1, dibawah postingan 1. Jika terlalu banyak iklan, kotak iklan ada yang tidak terload dan percuma saja. 

Kesimpulan


Ketika kita sudah memutuskan untuk membangun blog yang berkualitas,Maka, pilihlah dengan cermat templateyang Sobat gunakan. Karena tips kali ini terletak di dalam template yang kita gunakan. Jika Sobat bisa bijak dalam memilih template yang fast loading, maka selanjutnya fokus pada konten. 

Kami ucapkan terima kasih untuk anda yang sudah meluangkan waktu anda yang sudah singgah di http://arishahrukh.blogspot.com/ dan semoga artikel ini tentang Cara Mempercepat Loading Blog Dengan Mudah di atas bisa membantu anda dan bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya, dan sebelum ada menutup halaman ini dan silahkan cari artikel lainnya di Postingan Populer.

Related Posts

Blog Anda Loadingnya Lama ? Coba Cara Berikut Untuk Mempercepat Loading Blog Anda
4/ 5
Oleh

22 komentar

Friday, 21 October 2016 at 05:51:00 GMT-7 delete

Blog ku kok masih lama loadingnya ya, coba aku terapkan cara diatas, semoga blog ku bisa cepet loadingnya.

Reply
avatar
Sunday, 11 December 2016 at 16:24:00 GMT-8 delete

wah begitu kiranya
makasih ya
jadi tau sekarang

Reply
avatar
Sunday, 11 December 2016 at 17:53:00 GMT-8 delete

Pantesan blog saya loadingnya lama, ternyata ini penyebabnya.

Reply
avatar
Wednesday, 11 January 2017 at 17:28:00 GMT-8 delete

bener sekali ini , saya bookmark dulu ya gan

Reply
avatar
Wednesday, 11 January 2017 at 17:31:00 GMT-8 delete

Kebanyak widget itu yang bikin lalot, apalagi kalau templatenya ngga responsive. Bakalan loading lama.

Reply
avatar
Wednesday, 11 January 2017 at 21:46:00 GMT-8 delete

bner gan, saya prnah ngalami blog saya lambat bner trus sya coba hpus bbrapa widget dan hasilny lumayan lbh cpt loadingny

Reply
avatar
Wednesday, 11 January 2017 at 22:38:00 GMT-8 delete

ternyata loading time ngaruh jg ke seo ya, nanti ane coba

Reply
avatar
Wednesday, 11 January 2017 at 23:26:00 GMT-8 delete

ya gan pengaruh loading blog lemot itu terlalu banyak widget

Reply
avatar
Thursday, 12 January 2017 at 01:15:00 GMT-8 delete

Klo saya pagespeed 94% tapi yslow nya 60% an...bagaimana itu?

Reply
avatar

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!