Contoh Surat Lamaran Kerja Untuk Pekerjaan Impianmu

Contoh Surat Lamaran Kerja Lengkap - Pekerjaan merupakan salah satu kebutuhan yang sekarang sangat diutamakan untuk memenuhi sebuah kebutuhan manusia yang membutuhkan biaya atau uang. Oleh sebab itu, pekerjaan menjadi bagian yang sangat bermanfaat bagi setiap kalangan. Apabila kita tidak memiliki uang bagaimana manusia dapat bertahan hidup? Dari pekerjaan kita dapat menghasilkan uang yang dipergunakan sebagai nilai tukar untuk barang dan jasa.
Sekarang ini, kebanyakan orang lebih cenderung untuk memutuskan diri melamar pekerjaan di sebuah perusahaan ketimbang membuka lapangan pekerjaan sendiri. Mungkin hal tersebut tercipta karena adanya faktor-faktor tertentu. Tetapi, semua itu bukan menjadi hal yang patut dipermasalahkan selama pekerjaan yang mereka lakukan adalah baik dan tidak merugikan orang lain.
Contoh surat lamaran kerja yang ingin saya bagi semoga dapat membantu teman-teman yang ingin mencari lowongan pekerjaan. Membahas soal pekerjaan, mempunyai pekerjaan dengan gaji yang tetap setiap bulannya merupakan idaman banyak orang Indonesia. Karena memang untuk saat ini bisa dikatakan bahwa mencari pekerjaan merupakan hal yang sangat sulit karena banyaknya calon pekerja yang mencari lapangan pekerjaan. 
Apabila Anda dapat membuat surat lamaran pekerjaan yang menarik perhatian dari pemimpin perusahaan, setidaknya hal tersebut dapat menjadi nilai plus atau positif bagi Anda dan hal itu juga dapat memberikan peluang lebih besar untuk Anda diterima diperusahaan tersebut. Daripada makin penasaran seperti apa contoh surat lamaran kerja, mari simak informasi dibawah ini

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Sebuah surat lamaran kerja tidak serta merta asal dibuat tetapi juga harus memperhatikan beberapa ketentuan-ketentuan yang diperuntukkan mulai dari tata bahasa, penggunaan bahasa, hingga kesiapan surat pendukung lainnya. Oleh sebab itu, sebelum kita membuat surat lamaran kerja kita perlu mempersiapkan dan memperhatikan beberapa cara dibawa ini:
Sebenarnya inti dari sebuah surat lamaran kerja dibagi menjadi 3 bagian, yakni:

1). Bagian Pembuka

Pada bagian pembuka terdiri dari sumber informasi lowongan pekerjaan yang diperoleh dari sang pelamar kerja. 

2). Bagian Isi atau Uraian

Pada bagian ini Anda harus menjelaskan mengenai Anda yang telah memenuhi syarat ketentuan yang diinginkan oleh perusahaan tersebut. Selain itu, cobalah untuk memberikan informasi mengenai biodata tentang Anda secara lengkap.

3). Penutup

Pada bagian penutup berisi dari harapan sang pelamar kerja mengenai proses selanjutnya dengan disertai ucapan terimakasih.
Pandangan masyarakat saat ini mengenai pekerjaan seakan mengatakan bahwa pekerjaan adalah mendapat gaji, kerja yang bagus adalah bekerja dengan mendapatkan gaji yang tinggi. Padahal hal itu tidak sepenuhnya tepat, apakah benar jika pengusaha kaya raya itu mendapat gaji? Tentunya tidak, karena ia mendapatkan uang hasil bekerja diatas kaki sendiri, bukan bekerja yang diatur oleh atasan atau bos. Berbicara mengenai pekerjaan di perusahaan, sebelumnya langkah-langkah yang kita jalani, salah satunya ialah proses melamar kerja. Dalam sebuah proses lamaran kerja tersebut, biasanya perusahaan yang kita minati akan menyeleksi para calon pekerja dengan mewajibkan membawa surat lamaran kerja.
Untuk membuat sebuah surat lamaran pekerjaan sebenarnya tidak membutuhkan waktu yang lama dalam membuatnya, Tetapi Anda perlu membuatnya dengan baik dan benar dengan mengikuti tata cara penulisan yang tepat seperti yang sudah saya dijelaskan diatas. Agar lebih mudah dalam memahaminya, kami sudah mempersiapkan contoh surat lamaran kerja dibawah ini, dan lakukan latihan terlebih dahulu hingga Anda dapat membuat sebuah lamaran kerja yang baik dan benar.

Contoh Surat Lamaran Kerja Ditulis Tangan


Purwodadi, 12 November 2016
Kepada Yth.
HRD Manager PT. Moge Laksana Maju
Jl. Diponegoro No 54

Perihal : Lamaran Pekerjaan

Dengan Hormat,
Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari harian surat kabar Harian Banyuwangi, perusahaan Bapak/Ibu membuka lowongan kerja untuk beberapa posisi. Melalui surat lamaran ini saya ingin mengajukan diri untuk melamar kerja di instansi yang Bapak/Ibu pimpin, guna mengisi posisi yang dibutuhkan saat ini. Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama                                : Ari Kuncoro Mukti
Tempat/Tanggal Lahir : Grobogan, 02 Maret 2000
Jenis Kelamin                : Laki-laki
Pendidikan                     : SMKN 1 PURWODADI
Alamat                             : DS. Tunggak DSN. Kernekan 04/06 
Telepon                           : 08757658748**

Demikian Surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan sejujur-jujurnya, dan atas perhatian serta kerjasama dari Bapak/Ibu pimpinan saya ucapkan terima kasih banyak.

Hormat saya,
Ari Kuncoro Mukti

Untuk melamar sebuah pekerjaan, tidak hanya mengirimkan surat lamaran kerja saja. Anda juga biasanya harus melakukan tes wawancara yang biasanya diseleksi langsung oleh pemimpin perusahaan tersebut. Sebaiknya, sebelum Anda melamar, cobalah untuk mempersiapkan diri secara matang.
Demikian informasi yang dapat saya sampaikan tentang Contoh Surat Lamaran Kerja Terbaru 2017. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk anda yang sedang bekerja keras untuk mencari pekerjaan.

Related Posts

Contoh Surat Lamaran Kerja Untuk Pekerjaan Impianmu
4/ 5
Oleh

24 komentar

Saturday, 12 November 2016 at 04:26:00 GMT-8 delete

Bagusnya dibikin format word gan, biar bisa langsung d download :D

Reply
avatar
Saturday, 12 November 2016 at 20:40:00 GMT-8 delete

masih sekolah bro mungkin infonya akan bermanfaat bagi saya kelak

Reply
avatar
Monday, 26 December 2016 at 21:51:00 GMT-8 delete

Wah, wajib di save nih. Siapa tau nanti saya butuh

Reply
avatar
Thursday, 12 January 2017 at 18:15:00 GMT-8 delete

kebetulan sya lagi butuh pekerjaan bos , thanks ilmunya

Reply
avatar
Thursday, 12 January 2017 at 18:20:00 GMT-8 delete

Lumayan untuk referensi belajar bahasa Indonesia. Thanks infonya

Reply
avatar
Thursday, 12 January 2017 at 19:06:00 GMT-8 delete

really helpful. thanks for sharing. succses for you

Reply
avatar
Thursday, 12 January 2017 at 19:08:00 GMT-8 delete

Info bagus nih, ane juga lagi nyari nyari artikel kaya gini, soalnya ane Lagi mau ngelar kerja.

Reply
avatar
Thursday, 12 January 2017 at 19:12:00 GMT-8 delete

lamaran kerja itu recommendednya ditulis tangan atau ketikan sih? ada yang bisa kasi penjelasan?

Reply
avatar
Thursday, 12 January 2017 at 19:26:00 GMT-8 delete

bukannya cv yg kayak gitu udah biasa ya gan? kata temen ane sih surat lamaran sekrg serig pake kirim email (CMIIW) . Trus ada desain nya juga

Reply
avatar
Thursday, 12 January 2017 at 20:01:00 GMT-8 delete

ada yang kurang gan, setelah data diri harusnya dikasih kalimat pengajuan lamaran ke perusahaan bersangkutan dan posisi yang ingin dilamar, tapi ini udah bagus

Reply
avatar
Thursday, 12 January 2017 at 22:44:00 GMT-8 delete

langsung take action gan buat nglamar kerja besok

Reply
avatar
Saturday, 14 January 2017 at 06:46:00 GMT-8 delete

Kalau menurut saya sih, tergantung mau ngelamar kerja sebagai apa di perusahaan apa. Ada posisi atau perusahaan yang lebih menyukai surat lamaran yang berupa narasi deskriptif atau kreatif. Kalau untuk bidang kreatif, surat lamaran yang kaku seperti di atas bisa langsung tersingkir. :)

Reply
avatar

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!