#7 Tips Belanja Online Secara Hemat

Tips Belanja Online Secara Hemat
sumber : https://mediahatikita.wordpress.com

Tips Belanja Online - Perkembangan teknologi yang semakin canggih berpengaruh pada gaya belanja masyarakat. Jika dulu untuk berbelanja seseorang harus mendatangi toko dan bertatap muka dengan penjunl, kini belanja dapat dilakukan secara online. Sobat tak perlu terjebak macet dan antri di kasir, hanya dengan sekali klik, barang yang diinginkan sudah bisa diterima dalam beberapa hari kemudian.


Namun di balik kemudahan berbelanja online, ada pula ancaman yang harus anda waspadai. Mulai dari aksi penipuan hingga belanja berlebihan. Berikut tips belanja online secara hemat sekaligus aman yang bisa sobat terapkan.

1). Lakukan riset toko online

Sebelum memutuskan untuk membeli produk, sebaiknya sobat melakukan  riset toko online terlebih dahulu. Riset ini bisa memberikan informasi mengenai harga produk yang sama di beberapa toko online, sehingga sobat membandingkannya.

2). Kenali Pemilik Toko Online

Asyiknya belanja online, kita tak perlu bertatap muka dengan sang penjual. Namun, untuk keamanan bertransfer sangat disarankan agar anda mengenali pemilik toko online itu. Biasanya setiap toko online mencantumkan nomor telepon atau live chat sebagai fasilitas bagi konsumen untuk memesan atau menanyakan informasi lebih detail tentang produk yang akan dibeli. Cobalah hubungi untuk mengetahui apakah nomor telepon tersebut nyata atau fiktif.

3).  Berlangganan Newsletter Toko Online

Untuk bisa mengetahui update  produk dari toko online favorit secara otomatis, ada baiknya anda berlangganan newsletter dari toko online tersebut. Caranya sangatnya mudah, anda hanya cukup mendaftarkan email dan mengkonfirmasi alamat email tersebut. Dengan begitu, Anda bisa memperoleh informasi setiap ada program promo atau produk baru yang ditawarkan oleh toko online terkait melalui email.

4). Manfaatkan marketplane

Guna mengantisipasi dan menghindari aksi penipuan, Anda bisa berbelanja online di marketplane, one stop shopping dengan beragam pilihan produk dan penjual. Dengan demikian, anda bisa lebih menghemat waktu, karena tidak perlu browsing toko online  lain. Hanya dengan mengunjungi marketplane, Anda bisa belanja produk yang dibutuhkan sekaligus.

5). Teliti sebelum membeli

Meski sangat mudah, belanja online cukup berisiko. Hal itu karena pilihan produk hanya direpresentasikan oleh foto saja. Untuk memastikan produk yang dipajang sesuai dengan keinginan, Anda bisa menanyakannya langsung kepada penjual, baik melalui SMS, telepon, BBM, ataupun live chat.

6). Cari kode promo sebelum belanja

Belanja onlinepun bisa menggunakan voucher atau kupon. Anda bisa mencari kode promo untuk memperoleh potongan harga di toko online favorit. Caranya dengan mencari kode kupon di situs kupon online seperti flipit.com, kodekupon.com dan lainnya. Jika sudah menemukan kode kupon dari toko online yang dituju, kemudian copy kode tersebut. Selanjutnya masuk ke toko online tujuan, pilih produk yang akan dibeli, lalu paste kode kupon. Dengan demikian, total belanja anda otomatis akan dikurangi.

7). Manfaatkan diskon yang ditawarkan toko online

Tak sedikit toko online yang menawarkan diskon pada item-item produk tertentu. Nah, anda bisa memanfaatkan diskon tersebt untuk mendapatkan produk yang dibutuhkan dengan harga yang ebih murah.

Sekian yang dapat saya sampaikan tentang Tips Belanja Online, bila anda menemukan cara yang lain, dimohon untuk anda untuk menulis di kolom komentar. Terima Kasih ?

Seorang siswa di SMKN 1 Purwodadi yang mengambil jurusan MM. Hobi menulis dan sangat menggemari dunia web, desain dan internet.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

13 komentar

komentar
Monday, 2 January 2017 at 19:07:00 GMT-8 delete

Makasih tipsnya min
Btw saya belum pernah belanja online. Jadi kalau mau belanja online bisa pake tipsnya deh

Reply
avatar
Monday, 2 January 2017 at 19:27:00 GMT-8 delete

Semoga habis baca artikel ini saya dapat berbelanja online dengan baik.. makasih min saranya :)

Reply
avatar
Monday, 2 January 2017 at 19:38:00 GMT-8 delete

mantap gan infonya makasih tipsnya kalok gua sih nmr5 teliti sebelum membeli

Reply
avatar
Monday, 2 January 2017 at 22:09:00 GMT-8 delete

Jangan lupa gan budaya Rekber buat menangkal Seller Licik

Reply
avatar
Tuesday, 3 January 2017 at 17:46:00 GMT-8 delete

Thanks infonya gan sangat bermanfaat :)

Reply
avatar
Tuesday, 3 January 2017 at 17:49:00 GMT-8 delete

kuantan tipsnya namun jaman skeranga banyak penipu ya ya barang kaya yang oke eh pas datang beda

Reply
avatar
Tuesday, 3 January 2017 at 18:19:00 GMT-8 delete

yap,membantu agar tidak kena tipu saat belanja online,dan akhir" ini banyak sekali tipu",atau bisa disebut zaman penipuan?

Reply
avatar
Tuesday, 3 January 2017 at 19:45:00 GMT-8 delete

harus jeli dalam membeli lihat feedback toko online yang ingin di beli dan tetapnya selalu manfaatkan lah diskon promo biar murah

Reply
avatar
Tuesday, 3 January 2017 at 20:22:00 GMT-8 delete

mengenali pemilik toko online menurut saya langkah awal untuk membuat belanja aman dan lancar

Reply
avatar
Thursday, 5 January 2017 at 19:54:00 GMT-8 delete

wah tipsnya boleh juga . saya juga pernah membuat artikel serupa namun saya fokus pada tips berbelanja online agar aman

Reply
avatar

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!