#4 Aplikasi Text Editor Terbaik Untuk Anda Yang Sedang Belajar Pemrogramer

Jika kamu adalah seorang programmer atau sedang belajar pemrograman, text editor terbaiktentu wajib dimiliki programmer. Text editor sendiri adalah sebuah software yang biasanya digunakan oleh seorang programmer dalam menulis sebuah kode program. Text editor juga sering digunakan oleh seorang web designer untuk menciptakan halaman web yang didesain olehnya.
Nah, text editor umumnya hanya mempunyai fungsi untuk menulis kode program dan tanpa disertai compiler yang terintegrasi. Di dalam sebuah text editor biasanya terdapat beberapa fitur umum seperti syntax highlightingsearch dan replace sintaks, memberikan komentar pada sebuah blok kode program, code foldingline numberline markingsnippet, dan lainnya.

4 Aplikasi Editor Text Untuk Anda Yang Suka Coding


1). Notepad ++


Notepad ++
https://jalantikus.com
 Notepad++ adalah text editor terbaik yang berjalan di sistem operasi Windows yang didistribusikan sebagai perangkat lunak bebas. Notepad++ mendukung banyak bahasa, di antaranya Assembly, C, C++, C#, CSS, HTML, Java, Javascript, Pascal, Perl, PHP, Python, Ruby, Shell, SQL, VB, XML, dan lainnya.

Hampir sama seperti Notepad, namun Notepad++ memiliki fitur tambahan. Fitur ini adalah adanya penomoran baris dan dapat membuka banyak file sekaligus (dalam tab). Notepad++ sangat ringan, mudah digunakan dan tentunya gratis.


Notepad++ memiliki banyak kelebihan, seperti memiliki GUI yang baik dan menarik. Selain itu, Notepad++ juga dapat ditambahkan berbagai plugin yang bisa mempermudah pekerjaan programmer.


2). Sublime Text


Sublime Text
https://jalantikus.com


Sublime Text adalah salah satu teks editor terbaik untuk programmer khususnya Web Developer yang sangat canggih untuk coding, markup dan lain-lain. Sublime Text ini bisa dibilang sebagai senjata wajib bagi web developer
Tak sedikit yang menggunakan Sublime Text sebagai editor teks utama. Sublime Text memiliki banyak kemiripan dengan Notepad++. Sublime Text sangat ringan, tidak memakan memori banyak, dan didukung oleh banyak sekali plugin.
Sublime Text tersedia dalam versi berbayar dan gratis. Sublime Text juga memiliki banyak fitur, di antaranya fitur goto anythingcommand palletemultiple selectionsdistraction free modesplit editinginstant project switchcustomize anything, dan plugin API. Masih kurang? Sublime Text memiliki banyak plugins, kamu bisa mendownload plugins di Internet dan menginstalnya.

3). Atom
Atom
http://teknonisme.com
Atom adalah text editor yang memiliki lisensi open source dan tersedia untuk platform OS X, Linux, dan Windows. Atom ini dibuat oleh GitHub dan diklaim sebagai text editor yang bisa di-custom dengan mengubah file konfigurasinya.
Atom ini mirip dengan Sublime Text, karena memang dibuat dengan menggunakan Sublime Text sebagai referensinya. Atom ini bersifat modular, jadi kamu bisa menginstal plugins tambahan.

Atom terkenal dikalangan para programmer web, text editor ini memiliki banyak fitur yang bisa diandalkan dan menjadikannya sebagai Aplikasi Text Editor yang sering di gunakan para developer,. selain itu atom juga dapat digunakan di berbagai platform berbeda.


4). Aptana
Aptana
http://teknonisme.com
Aptana Studio adalah Base Editor Opensource paling lengkap yang meliputi dukungan untuk membuat aplikasi berbasi Ruby dan Rails, PHP, dan aplikasi Python,serta mendukung editing Untuk  HTML, CSS dan JavaScript . 

Sebuah IDE yang dikembangkan oleh Eclipse yang memiliki banyak kelebihan. Aptana Studio mendukung banyak bahasa pemrograman, Git Integration, SQL database tool, server tail views, javascript debugger dan multi-preview browser.

Banyaknya Text Editor yang dapat Anda manfaatkan ini bisa diunduh secara gratis. Anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan mengenai text editor mana yang menurut Anda lebih nyaman untuk digunakan.


Referensi :
http://teknonisme.com/ingin-belajar-pemrograman-web-simak-8-text-editor-terbaik-dan-gratis-berikut/
https://jalantikus.com/tips/text-editor-terbaik-untuk-programmer/

Related Posts

#4 Aplikasi Text Editor Terbaik Untuk Anda Yang Sedang Belajar Pemrogramer
4/ 5
Oleh

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!