Bagaimana Cara Mengembalikan Artikel Blog Yang Sudah Terhapus Permanen

Mungkin saja anda pernah mengalami kejadian postingan / artikel anda terhapus dengan tidak sengaja dan anda ingin mengembalikannya , karena artikel tersebut sangat berkualitas dan SEO, sengaja atau tidak, jika postingan tersebut sangat populer terhapus maka biasanya dampaknya adalah menurunnya traffik blok.

kejadian seperti itu pernah saya alami ketika saya menghapus beberapa artikel dengan sengaja tanpa saya perhitungkan, permasalahannya karena saya postingan tersebut tidak begitu populer, dan akhirnya dengan terpaksa saya hapus artikel tersebut, padahal postingan tersebut juga juga lumayan bisa mendatangkan pengunjung, Dan hasilnya blog banyak mendapatkan page not 404 dan pelan tapi pasti traffik pun merosot perlahan-lahan.

Padahal jika dipikirkan lagi, postingan tersebut tidak perlu dihapus, cukup dibiarkan saja nanti pasti perlahan - lahan juga bisa mendatangkan banyak pengunjung, tapi sayang sekali nasi sudah menjadi bubur, karena traffik blog turun akhirnya saya memutuskan untuk mencari cara mengembalikan artikel untuk diterbitkan kembali, sedikit rumit memang tapi setelah membaca beberapa referensi cara mengembalikan postingan yang terhapus, akhirnya saya berhasil mendapatkan kembali artikel tersebut.

Kejadian seperti itu barangkali yang sedang anda alami saat ini, jadi untuk membantu kasus anda, di artikel ini saya beri tutorial mengenai cara mudah mengembalikan postingan yang terhapus dengan tidak sengaja, semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu anda mengembalikan artikel anda yang sudah terhapus dari blog. 


Cara Mengembalikan Artikel Blog Yang Terhapus Dengan Tidak Sengaja


Jika Anda sudah membaca sedikit cerita saya diatas maka Anda harus lebih berhati-hati lagi dalam mengedit blog khususnya saat menghapus atau mengedit label, bisa-bisa Anda salah menghapus artikel pada blog Anda, ini akan membuat Anda bekerja dua kali lipat walaupun cara mengembalikan postingan blog yang terhapus ini tidak begitu ribet. Dari cerita diatas saya memang tidak sengaja menghapus artikel saya . Bagi Anda yang ingin mengetahui cara mengembalikan artikel yang terhapus silahkan baca tutorialnya dibawah ini :

Langkah yang harus dilakukan adalah:

1. Langkah pertama anda cari postingan anda di Google dengan menggunakan keyword judul atau permalink (jika masih ingat). Setelah itu klik menu dropdown di sebelah kanan dan klik menu "Cache".
contoh : " Kata Kunci Postingan Anda " 
Site:Alamat_website_anda 
 Misalnya : " Situs Nonton Film Bioskop Online "                                              Site:arishahrukh.blogspot.com


Artikel Blog Yang Sudah Dihapus
2. jika postingan blog anda belum dihapus oleh mesin pencari google, maka akan tampil halaman blog anda seperti gambar dibawah ini :
 3). Untuk mengembalikan artikel blog tersebut dengan permalink yang sama dengan sebelum di hapus maka silahkan tampilkan source kode untuk artikel tersebut, caranya bisa klik link dengan tulisan View source atau klik kanan pada artikel tersebut, lalu pada menu yang muncul pilih menu Lihat Kode Sumber Laman.

4). Tujuan menampilkan source kode adalah untuk mendapatkan BlogID dan PostID artikel yang sudah dihapus tersebut.

5. Setelah masuk ke halaman source, cari nomer ID posting dengan menggunakan fitur search browser (Ctrl+F), dan gunakan keyword "postID". Tapi hati-hati dengan post ID pada bagian permalink "delete comment", karena itu bukan permalink posting artikel, melainkan permalink posting komentar (untuk delete komentar). Letak ID posting biasanya ada di paling atas, paling bawah, atau pada permalink feed (biasanya di bagian bawah juga). Berikut contohnya pada bagian paling atas, ID di dalam kotak merah:

BlogID dan PostID Artikel Blog Yang Sudah Terhapus

Data BlogID dan PostID yang saya dapatkan adalah sebagai berikut :
  1. 7317909378880348430
  2. 726152081581491214 
6. Setelah itu copy dan paste ID posting tersebut ke dalam notepad atau sticky note. Pokoknya simpan di tempat aman dulu, atau biarkan tab halaman cache tadi tetap terbuka.

7. Setelah itu masuk ke dashboard blogger lalu tuju halaman "Posts". Setelah itu anda akan melihat daftar post/artikel. Pilih sembarang artikel, arahkan kursor, dan klik kanan menu edit yang ada di bawah judul, copy linknya. 


8. Paste link ke tab baru di browser. Perhatikan pada bagian postID, ganti ID tersebut dengan ID post terhapus yang sudah tersimpan tadi.

9. Klik "enter" untuk masuk ke halaman post editor lengkap dengan konten post terhapus yang ingin anda terbitkan lagi. Klik publish.

Terkadang artikel yang sudah terhapus tidak bisa kembali jika artikel tersebut sedah terhapus dari webcache google dan juga tidak eksis di archive org, oleh karena itu untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan pada blog anda seperti terhapusnya artikel atau bahkan konten blog secara keseluruhan dihapus google, maka sebaiknyabackup berkala pada blog anda, sehingga jika terhapus sekalipun anda masih bisa mendapatkan artikel blog anda, sehingga bisa anda publikasikan ulang.

Demikian yang dapat saya jelaskan tentang cara mengembalikan artikel blog yang terhapus , semoga bermanfaat.

Refefensi :
http://strukturkode.blogspot.co.id/2017/03/trik-mengembalikan-artikel-yang-terhapus.html
http://www.ficripebriyana.com/2014/05/cara-mengembalikan-artikel-blog-yang-terhapus.html
http://buka-rahasia.blogspot.co.id/2013/12/cara-mengembalikan-posting-blogger-terhapus.html


Related Posts

Bagaimana Cara Mengembalikan Artikel Blog Yang Sudah Terhapus Permanen
4/ 5
Oleh

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!