Monday, 25 December 2017

Apa Saja Penyakit Akibat Kurang Gerak ( Berolahraga ) dan Hubungan Aktivitas Fisik Terhadap Organ Tubuh

Tags

Penyakit Akibat Kurang Gerak (Olahraga) Bagi Kesehatan - Ada berbagai macam jenis aktivitas fisik dan olahraga yang dapat kita lakukan. masing-masing aktivitas fisik tersebut memiliki fungsi dan peranan yang berbeda. Ada yang berfungsi untuk melatih ketahanan, kelenturan, dan kekuatan. Kurang aktivitas gerak dapat mendatangkan berbagai jenis penyakit, selain itu aktivitas fisik yang dilakukan oleh seseorang juga berpengaruh terhadap organ-organ penting di dalam tubuh. 

Kamu telah menjelaskan hubungan antara aktivitas fisik terhadap organ tubuh. Sudah seharusnya kamu semua harus bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas karunianya yang telah melimpahkan nikmat sehatnya kepada kamu semua, sehingga kalian semua dapat berdiri dan berlari dengan baik dan sempurna.


1). Jenis Penyakit Akibat Kurang Gerak

a). Jantung

Kurang berolahraga dampaknya besar yaitu bisa terkena penyakit jantung. Berolahraga secara rutin setiap hari seperti lari, berjalan kaki, bersepeda, berenang, jogging, senam ataupun bermain sepak bola, volly maupun olahraga yang lainnya sangatlah diperlukan untuk menciptakan tenaga cadangan bagi jantung. Dengan aktivitas tersebut jantung akan sanggup menanggung kelebihan serta ketegangan.


b). Obesitas


Kelebihan berat badan yang disebabkan karena terlalu lama duduk dan jarang berolahraga merupakan penyebab utama terkena penyakit obesitas. Hal ini dikarenakan setiap proses pembakaran kalori tidak terjadi. Sehingga kalori akan menumpuk di bagian bawah kulit pada tubuh kita dan kelebihan kalori inilah yang menyebabkan timbulnya berbagai macam penyakit sebagai contohnya yaitu penyakit obesitas.


c). Masalah Kesehatan Tulang dan Otot


Aktivitas fisik atau olahraga yang dilakukan harus dengan teratur agar mampu meningkatkan kekuatan tulang dan otot kita dan dapat mengurangi risiko cedera, dan lainnya. Otot yang kuat mampu melakukan tugas dengan efisien dan tidak mudah lelah. hal ini karena tulang dan otot kita sudah terbiasa melakukan hal-hal yang berat tersebut.


Kekuatan fisik yang dapat diperoleh dari olahraga juga dapat membantu tubuh kita agar mencegah cedera akibat jatuh dengan meningkatkan keseimbangan dan stabilitas. Tulang yang kuat sedikit rentan terhadap fraktur ( patah tulang ). mengembangkan pola latihan yang kuat selama hidup untuk tetap aktif, akan mencegah patah tulang pinggul pada usia tua.


Baca Juga : 

  1. Manfaat dan Jenis Aktivitas Fisik Bagi Kesehatan, Pencegahan Penyakit, dan Pengurangan Biaya Kesehatan
  2. Dampak Makanan dan Minuman Tidak Sehat Bagi Tubuh dan Manfaat Unsur Makanan

2). Hubungan Aktivitas Fisik dengan Organ Kesehatan

a). Hubungan Aktivitas Fisik dengan Organ Paru

Paru-paru merupakan alat pernapasan yang berfungsi untuk memenuhi kebutuhan oksigen yang ada di dalam tubuh. Oleh karenanya kita perlu menghirup  oksigen yang bersih dan sehat sehingga paru-paru berfungsi dengan baik. Apabila fungsi paru-paru terganggu, maka seluruh sistem kerja tubuh juga akan terganggu. Begitu pula sebaliknya apabila paru bekerja dengan baik, maka organ tubuh juga bekerja dengan baik.



Latihan Fisik

Gangguan sistem kerja paru dapat berpengaruh terhadap kemampuan seseorang dalam melakukan aktivitas, misalnya olahraga. Sebaliknya, latihan fisik dan olahraga yang rutin dapat meningkatkan sistem kerja paru. Latihan fisik dapat menyebabkan otot menjadi lebih kuat dan mampu memperbaiki fungsi otot terutama otot pernapasan yang menyebabkan pernapasan lebih efisien.

Latihan fisik juga dapat meningkatkan kapasitas kerja paru-paru agar kinerja paru-paru kita lebih besar, sehingga jumlah darah yang mengalir pada paru-paru kita juga lebih banyak. Selain itu juga dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan oksigen pada tubuh kita, agar tidak mudah terkena penyakit.


Baca Juga : Manfaat Makanan dan Minuman Terhadap Kesehatan dan Pertumbuhan


b). Hubungan Olahraga dengan Organ Jantung dan Peredaran Darah


Olahraga sangat bermanfaat terhadap daya tahan tubuh, jantung dan peredaran darah dalam tubuh setiap manusia. Berikut ini adalah beberapa manfaatnya.


  1. Meningkatkan sistem kerja jantung dan pembuluh darah untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Aktivitas fisik atau olahraga yang rutin dapat membuat jantung lebih banyak memompa darah dan berdenyut lambat. Organ tubuh yang mmengalami kekurangan darah akibat jantung tidak memompa dengan maksimal akan mengalami gangguan sistem kerja.
  2. Olahraga dapat mengontrol tekanan darah. Apabila tekanan darah seseorang tinggi, maka olahraga dapat menormalkannya dengan otomatis, begitu pola sebaliknya.
  3. Memperbesar jumlah darah dalam dalam membawa oksigen sehingga banyak darah yang dapat mencapai seluruh organ tubuh.
Itulah beberapa Jenis Penyakit Akibat Kurang Gerak dan Hubungan Aktivitas Fisik dengan Organ Kesehatan dan bila dari anda menemukan jenis penyakit lain anda dapat menuliskannya pada kolom komentar dibawah ini dan semoga postingan ini dapat bermanfaat untuk anda semua.

13 komentar

wah,, ane kurang olah raga nih gan,, thks ya infonya

cocok buat blogger yang gak pernah olahraga ni

utk blogger hati-hati lho gan, yang gerak cuma jari aja wkwkwk

Mantap gan, harus rutin olahraga biar ttp sehat. Thanks

waaah serem juga penyakitnya,jadi pengen olah raga nih,thanks min infonya ^_^

Mantap infonya gan! jadi harus kaya begitu ya biar sehat

aduh, ini gue banget deh, gak pernah olahraga sama sekali. Jadi takut dah

Klo gk olahraga ane gampang sakit sakitan emang gan

Artikelnya bermanfaat banget gan, makasih bisa jadi refrensi nih blognya

hati hati lho gan nanti dapat menyebabkan penyakit jantung

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!
EmoticonEmoticon