Monday, 25 December 2017

Sejarah Singkat Manusia Sebelum Mengenal Tulisan

Berikut ini saya akan membagi sedikit informasi mengenai sejarah manusia sebelum mengenal tulisan dan akan saya jelaskan juga tentang perbedaan sejarah dan prasejarah, zaman kehidupan manusia sebelum mengenal tulisan dan saya jamin melalui penjelasan ini anda akan mudah untuk memahaminya.


Sejarah Singkat Manusia Sebelum Mengenal Tulisan

Perbedaan Sejarah Dan Prasejarah 

Batas Antara Zaman Prasejarah Dengan Zaman Sejarah Adalah  Mulai Adanya Tulisan  , Hal Ini Menimbulkan Suatu Pengertian Bahwa Prasejarah Adalah Zaman Sebelum Ditemukannya Tulisan, Sedangkan Sejarah Adalah Zaman Setelah Adanya Tulisan, Berakhirnya Zaman Prasejarah Atau Dimulainya Zaman Sejarah Untuk Setiap Bangsa Didunia Tidak Sama Tergantung Dari Peradaban Bangsa Tersebut.

Zaman (Kehidupan) Manusia Sebelum Mengenal Tulisan

Prasejarah Atau Nirleka (Nir: Tidak Ada, Leka: Tulisan) Adalah Istilah Yang Digunakan Untuk Merujuk Kepada Masa Disaat Catatan Sejarah Yang Tertulis Belum Tersedia , Zaman Prasejarah Dapat Dikatakan Permulaan Terbentuknya Alam Semesta , Namun Umumnya Digunakan Untuk Mengacu Kepada Masa Disaat Kehidupan Manusia Di Bumi Yang Belum Mengenal Tulisan , Dengan Kata Lain Masa Praaksara Berarti Zaman Sebelum Ditemukan Tulisan/Zaman Sebelum Manusia Mengenal Tulisan.

Masa Berakhirnya Zaman Praaksara Tidak Sama Masing – Masing Wilayah , Misalnya Di Mesir Kuno 300 Tahun Sebelum Masehi Sudah Ditemukan Peninggalan Tertulis Tertua Yang Ditemukan Adalah Prasanti Yupa Peninggalan Kerajaan Hindu dan Budha Kutai Pada Abad Ke-5 Atau Sekitar Tahun 400-An Masehi, Adapun Masa Sesudah Manusia Mengenal Tulisan Disebut Juga Dengan Masa Aksara Atau Masa Sejarah.

Kehidupan Manusia Pada Zaman Praaksara Dapat Diketahui Dari Peninggalan – Peninggalan Yang Ditinggalkan Oleh Manusia Yang Hidup Pada Waktu Itu , Peningggalan Itu Dapat Berupa Artefak Dan Fosil, Artefak Wujudnya Berupa Benda – Benda Purbakala , Benda – Benda Tersebut Dapat Membantu Kita Untuk Memperkirakan Bagaimana Perkembangan Kehidupan Manusia.
Sementara Itu, Fosil Yang Berupa Sisa – Sisa Tulang Belulang Manusia, Hewan, Dan Tumbuhan Yang Sudah Membantu, Dapat Membantu Pada Kita Mengenai Pertumbuhan Fisik Manusia Pada Masa Praaksara , Bekas – Bekas Atau Sisa- Sisa Manusia , Tumbuhan, Dan Binatang Yang Telah Membatu Itu Terdapat Dalam Lapisan – Lapisan Bumi.

Karena Tidak Terdapat Peninggalan Catatan Tertulis Dari Zaman Prasejarah , Keterangan Mengenai Zaman Ini Diperoleh Melalui Bidang – Bidang Seperti Paleontologi, Astronomi, Biologi, Geologi, Antropologi, Arkeologi, Dalam Artian Bahwa Bukit – Bukit Prasejarah Didapat Dari Artefak – Artefak Yang Ditemukan Di Daerah Penggalian Situs Prasejarah.


Sekian yang dapat saya sampaikan tentang Sejarah Manusia Sebelum Mengenal Tulisan dan semoga postingan ini dapat bermanfaat untuk anda semua. dan jika anda inging menanyakan sesuatau tentang postingan ini anda dapat menuliskannya pada kolom komentar dibawah ini.

3 komentar

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!
EmoticonEmoticon